//
you're reading...
TIPS & TRICK

[Tips] Menjaga Uang Selama Traveling

sumber foto : google.com

sumber foto : google.com

Pada saat kita melakukan traveling, tidak jarang di antara kita ada yang mengalami musibah kehilangan uang / dompet kita.   Bisa karena pencopetan ataupun penodongan.    Kadang kita tidak menyadari bahwa musibah tersebut terjadi juga akibat peran kita sendiri yang ceroboh atau kurang waspada selama traveling.  Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk Menjaga Uang Selama Traveling.  Semoga bermanfaat.

1. Jangan menyimpan semua uang kita dalam satu dompet.
Sebaiknya siapkan 2 dompet. Dompet pertama berisi uang secukupnya untuk 1 hari itu saja + foto copy ID Card / Paspor. Dompet pertama ini yang kita bawa sehari-hari. Dompet kedua berisi sisa uang (yang lebih banyak) beserta kartu kredit/ATM. Dompet kedua ini harus selalu disimpan dalam tas / ransel. Maksudnya bila kita kecopetan, jumlah uang yang hilang tidak besar. Tips ini tidak berlaku apabila kita dirampok !!

2. Pergilah ke toilet atau tempat tertutup lainnya apabila uang di dompet pertama kita habis. Lalu pindahkan sebagian isi dompet kedua kita ke dompet pertama. Jangan sekali-kali memindahkan isi dompet kedua kita di depan banyak orang. Apalagi minta bantuan mereka untuk memindahkannya. Jangan !!

3. Jangan menaruh tas ransel di belakang punggung kita.
Tas ransel di punggung menyebabkan kita tidak dapat mengawasi tas ransel tersebut. Sebaiknya pindahkan tas ransel ke depan dada kita. Sehingga bila ada orang yang akan membuka tas ransel kita akan mudah ketahuan. Ingat ini hanya dilakukan ketika kita sedang naik angkutan umum atau berada di tempat yang ramai orang (seperti pasar atau terminal). Bila kita sedang berjalan cepat di tengah hutan atau mendaki gunung, menaruh tas ransel di depan dada bukanlah saran yang kami maksud. Nanti anda bukan jadi Backpacker tapi Breastpacker.

4. Jangan menanggapi orang yang minta tukar uang Rp.50.000,- dengan pecahan Rp.10.000,- atau Rp.5.000,- an.
Sebenarnya mereka hanya ingin melihat jumlah uang di dompet kita. Begitu mereka tahu isi dompet kita banyak, selanjutnya akan terjadi : pencopetan / penodongan. Sarankan kepada orang tersebut agar menukar uangnya ke pedagang lombok di pasar.

5. Jangan membuka dompet di tempat umum / banyak orang.
Bila kita belanja di toko, kadang ada yang memperhatikan isi dompet kita. Selanjutnya akan ada orang yang datang dengan modus minta sumbangan atau minta bantuan karena kehilangan uang. Atau bahkan terjadi pencopetran / penodongan. Untuk itu bukalah dompet pertama kita untuk membayar belanjaan. Perhatikan orang di sekitar kita sebelum membuka dompet, tapi jangan celingak celinguk, nanti malah kita yang dituduh mau nyopet.

6. Bila semua tips di atas dirasa terlalu ribet, yang paling mudah adalah anda menyewa jasa polisi atau petugas sekuriti untuk mengawal perjalanan anda. Tapi itu pasti akan menambah biaya yang cukup besar. Cara yang paling murah adalah carilah pacar atau pasangan yang berprofesi sebagai polisi atau petugas sekuriti.

Bagaimana?  Ada yang pernah mengalami hal yang sama?  Atau ada yang mau menambahkan?  Silakan.

Semoga artikel Menjaga Uang Selama Traveling di atas dapat bermanfaat bagi sahabat traveler.

Discussion

No comments yet.

Bagaimana pendapat Anda?

GOOGLE TRANSLATE

Discount Hotel di Bali

Daftar isi Traveler Post

Arsip Traveler Post

Hotel Murah di Agoda.com

Ikuti Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 147 other subscribers

Tiket Murah di Tiket.com

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: