//
you're reading...
EXTREME

[X-TRIM] Cara Mudah / Transportasi ke Huashan “Plank Road in the Sky” – China

Trekking di Hua Shan Plank.  Foto courtesy www.dailymail.co.uk/

Trekking di Hua Shan Plank. Foto courtesy www.dailymail.co.uk/

Huashan Plank menjadi salah satu target trip yang saya mimpikan.  Saya mencoba mengumpulkan informasi bagaimana cara menuju ke sana dengan browsing sana-sini.  Berikut ini adalah hasilnya.. :)

Panduan ke Huashan bagi low budget traveler.

Trip ke Huashan dapat menjadi trip yang sangat mahal, sampai ¥500 hanya untuk one day trip. Panduan singkat berikut ini akan membantu untuk membatasi biaya trip anda (di bawah ¥200).

  • Bila naik Bus dari Xian, tiket seharga ¥25-¥36 one way, waktu tempuh sekitar 2 jam.
  • Bila naik Slow Train ¥20. Ditambah ¥20-¥30 taxi dari Huashan railway station ke lokasi.
  • Tiket masuk ¥90 dengan ID Pelajar lokal. ID Asing dapat juga diterima, seharga ¥180 tanpa diskon.
  • Jalan kaki mendaki dan turun (Jalur utama yang panjang)
  • Bawa minimal 2 liter air / per orang dan makanan anda sendiri,.
  • Mendaki ke “Plank Road in the Sky” (¥30 untuk sewa harness gear)
  1. Dari Xian, naik bus pertama ke Huashan.  Selama peak season, bus berangkat mulai jam 06.00. Berjalanlah menuju sisi timur stasiun kereta dan cari tanda “花山 (Huashan)”. Jika tidak yakin, tanya bus lainnya dan mereka akan memberi petunjuk.  Usahakan dapat bus jam 06.00 dan jangan lebih dari jam 07.00, agar punya banyak waktu di gunung Huashan.   Perjalanan bus ditempuh selama 2 jam dan akan tiba di kota Huashan.  Dari sini, diteruskan dengan jalan kaki ke atas ke arah temple. Setelah berjalan 10 menit melewati temple akan sampai di ticket office.
  1. Pendakian ke Huashan sangat spektakuler. Banyak kerumunan orang, dikombinasi dengan alam yang indah, temple kuno dan pemandangan, menjadikan hal ini sebagai bagian terbaik dalam perjalanan ini. Untuk anak muda yang sehat dapat berjalan cepat sampai ke North Peak dalam 2 jam. Guide menyatakan rata-rata perlu 5 jam.
  1. Setelah sampai di North Peak, akan menjumpai banyak rombongan turis lokal China (mereka naik dengan cablecar).  Dari North Peak terus saja berjalan ke arah South Peak, banyak petunjuk arah yang terpasang, namun tidak dapat berjalan cepat karena harus menunggu antrian orang-orang yang mendaki.
  1. Jalur pendakian akan terpecah dan terdapat 2 pilihan.
  • Pertama, melanjutkan ke “Plank Road in the Sky” , menyewa alat “harness gear” (¥30) dan menitipkan tas anda bersama pengunjung lainnya, sebelum kembali dan melanjutkan perjalanan ke South Peak.  Dengan menyewa alat “harness gear”, pendakian akan lebih aman, namun hati-hati, jangan sampai hp / kamera anda jatuh.
  • Kedua, memilih ke South Peak terlebih dahulu.
  1. Bila memiliki banyak waktu, anda harus mencoba rute kembali ke North Peak melalui East dan Central Peak.  Bila waktu terbatas, anda dapat langsung kembali menuju North Peak dan berjalan turun, (bus terakhir berangkat jam 19.00). Bila waktu SANGAT terbatas, anda harus naik cablecar yang mahal – The new West Cablecar berada di dekat South Peak dan Plank Road in the Sky, namun sangat mahal (¥140 + ¥40 shuttle bus ke tempat parkir /restaurant area, + ¥30 taxi kembali ke Huashan train station). The North Cablecar adalah pilihan yang lebih murah, (¥80 cablecar + ¥20 bus ke Huashan).
  1. Dalam perjalanan turun, sebaiknya sempatkan beristirahat / berendam di salah satu dalam kolam air panas yang ada di rute perjalanan turun.
  1. Bila anda berenang terlalu lama, atau anda turun bukit perlahan-lahan karena masalah lutut sehingga ketinggalan bus, hal tersebut bukanlah masalah.  Masih ada beberapa kereta sampai jam 23.00 dari Huashan ke Xian.  Anda harus naik taxi (sekitar ¥30) ke stasiun kereta dan naik kereta (¥20 untuk slow train – 1 jam 30 menit.

Bila sahabat traveler ingin merasakan atmosfirnya seperti apa, coba klik video dari youtube ini :  https://www.youtube.com/watch?v=KbtZfzxX44o

Sumber : wikitravel

Discussion

No comments yet.

Bagaimana pendapat Anda?

GOOGLE TRANSLATE

Discount Hotel di Bali

Daftar isi Traveler Post

Arsip Traveler Post

Hotel Murah di Agoda.com

Ikuti Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 147 other subscribers

Tiket Murah di Tiket.com

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: