//
you're reading...
INDONESIA

[INDO] Cara Murah / Transportasi ke Prambanan & Istana Ratu Boko

sumber : google.com

sumber : google.com

Bagi sahabat traveler yang ingin traveling ke Jogjakarta, dapat melakukan city tour yang murah meriah.  Silakan dibaca artikel Cara Murah / Transportasi ke Prambanan & Istana Ratu Boko berikut ini.

Tujuan City Tour yang dimaksudkan ini adalah :

  1. Candi Prambanan.
  2. Istana Ratu Boko;
  3. Tugu Jogja;
  4. Malioboro

 

Kecuali Istana Ratu Boko yang langsung ngehits setelah dijadikan lokasi syuting film AADC 2, Candi Prambanan, Tugu Jogja dan Malioboro adalah destinasi wisata popular sejak zaman kuda gigit besi.

 

Untuk dapat mengunjungi keempat tempat wisata tersebut dengan cara murah meriah adalah dengan menggunakan transportasi Bus Trans Jogja.  Bus Trans Jogja ini beroperasi setiap hari mulai jam 05.30 sampai dengan 21.30 WIB.  Jadi sahabat traveler tenang saja.  Tidak perlu takut kehabisan bus bila pulang setelah melihat sunset di Istana Ratu Boko.

 

Bagi sahabat traveler yang datang ke Jogjakarta dari Stasiun Tugu di pagi hari, anda dapat langsung jalan kaki menuju halte Bus Trans Jogja di Jalan Malioboro.  Nama haltenya “Malioboro 1”.  Dari halte ini, sahabat traveler harus naik Bus Trans Jogja rute 1A.  Sepanjang perjalanan menuju Candi Prambanan, sahabat traveler akan melewati ikon-ikon wisata Jogjakarta lainnya seperti Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, Istana Negara, Kantor Pos Besar, Gedung BI, Taman Pintar serta Kebun Binatang Gembira Loka.  Bila sahabat traveler tertarik, anda dapat turun di halte sekitar ikon-ikon wisata tersebut.  Tapi kan tujuan kita ke Candi Prambanan, jadi kunjungan ke ikon-ikon wisata tadi nanti saja yaa…  Lama perjalanan dari Malioboro ke Candi Prambanan sekitar 1 jam saja.

 

Sedangkan bagi sahabat traveler yang datang ke Jogjakarta dari Bandara Adi Sutjipto, anda bisa langsung jalan kaki ke Halte Maguwo untuk naik Bus Trans Jogja semua rute yang ke arah timur menuju Candi Prambanan.  Jarak dari Bandara Adi Sutjipto ke Candi Prambanan cukup dekat kok.  Kira-kira 10 menit dengan naik Bus Trans Jogja.

 

Di atas Bus Trans Jogja, sahabat traveler bilang saja ke kondekturnya turun Halte Prambanan (Terminal Prambanan).  Dari Halte Prambanan, sahabat traveler hanya perlu berjalan kaki menuju Candi Prambanan.  Oya, sebaiknya sahabat traveler membeli “tiket terusan”  masuk ke Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko.  Dengan membeli tiket terusan ini, setelah puas menikmati keindahan Candi Prambanan, sahabat traveler dapat naik shuttle bus gratis yang disediakan oleh pihak Taman Wisata Candi untuk menuju lokasi Istana Ratu Boko yang jaraknya lumayan jauh.  Shuttle bus ini akan berangkat setiap 10 menit.  Jangan lupa, jadwal shuttle bus terkahir ke Istana Ratu Boko adalah jam 15.00 WIB. Oya harga tiket terusan tadi adalah Rp. 45.000 untuk turis lokal.  Sedangkan untuk turis asing dipatok seharga USD 25.

 

Tujuan utama datang ke Istana Ratu Boko ini adalah untuk menikmati sunset.   Kalau beruntung, maka sahabat traveler akan dapat menyaksikan dan menikmati moment matahari tenggelam dengan warna langit jingga/oranye berkilauan.  Oya, di lokasi ini terdapat cafe yang menghadap ke arah Candi Prambanan dengan background Gunung Merapi.  Karena lokasi Istana Ratu Boko di atas bukit, maka pemandangan ke arah Candi Prambanan akan terlihat sangat indah.

 

Setelah menikmati keindahan sunset di Istana Ratu Boko, sahabat traveler akan kembali ke Candi Prambanan dan dari sana anda dapat melanjutkan perjalanan ke Malioboro.  Caranya ya berjalan kaki lagi ke arah Halte Prambanan dan naik Bus Trans Joga Rute 1A.  Dalam perjalanan ke Malioboro, Bus Trans Jogja akan melewati ikon wisata Jogja yang terkenal yaitu Tugu Jogja.  Anda dapat turun di Halte Mangkubumi 1 bila ingin foto-foto di depan Tugu Jogja tersebut.

 

Setelah puas foto-foto di Tugu Jogja, sahabat traveler dapat melanjutkan perjalanan ke Malioboro dengan naik Bus Trans Jogja rute 1A ataupun 2A.  Siapkan dompet anda karena di Malioboro ini anda pasti tergoda untuk berbelanja kaos, batik, blangkon maupun makanan lesehan.  Kaos oblong di emperan Malioboro ini harganya sangat murah.  Mulai dari Rp.12.500.  Bagi yang tidak jago tawar menawar tidak usah khawatir karena para penjual kaos sudah menuliskan harganya. Pas.  Tidak perlu tawar menawar lagi.

 

Bila ingin dapat kaos yang lebih berkualitas dengan harga yang lebih tinggi (tapi tidak kemahalan), sahabat traveler dapat masuk ke Jl. Dagen atau Jl. Sosrowijayan.  Di jalan ini ada toko-toko kaos yang harga kaosnya lebih murah dibandingkan dengan di toko-toko di Jl. Malioboro.  Selisihnya berkisar Rp.10.000 – 15.000.

 

Demikian juga untuk makanannya.  Salah seorang Tukang Ojek tidak menyarankan kami untuk makan di lesehan di Jl. Malioboro.  Mahal !   Yang lebih murah bisa didapat di Jl. Dagen atau Jl. Sosrowijayan.   Tapi bila sahabat traveler memang ingin menikmati suasana lesehan Malioboro sambil melihat keramaian jalan serta sudah siap budgetnya, ya monggo mawon makan di lesehan Malioboro..

 

Demikian artikel Cara Murah / Transportasi ke Prambanan & Istana Ratu Boko. Semoga bermanfaat..

Discussion

No comments yet.

Bagaimana pendapat Anda?

GOOGLE TRANSLATE

Discount Hotel di Bali

Daftar isi Traveler Post

Arsip Traveler Post

Hotel Murah di Agoda.com

Ikuti Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Join 147 other subscribers

Tiket Murah di Tiket.com

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: